Sekretariat : Gedung LPPM - Unsoed Lantai 1 *** Jl. Dr. Suparno, Grendeng, Purwokerto 53122 *** Telp & Faks (0281) 641622 *** E-Mail : pmsil@unsoed.ac.id / pmsil_unsoed@yahoo.com

Silabus

Silabus Tiap Mata Kuliah serta Tim Pengajar


Mata Kuliah Prapasca/Matrikulasi :

1. LPP-001 Ekologi

Tujuan :

Mahasiswa dapat memahami istilah dan proses yang terjadi berkaitan dengan berbagai tipe ekosistem alam.

Silabus :

Dibahas tentang berbagai macam istilah, pengertian dan proses yang terjadi berkaitan ekosistem alam seperti ekosistem itu sendiri, daur biogeokimia, adaptasi, suksesi, evolusi, rantai makanan, ekosistem, populasi, tingkat tropik, faktor pembatas, tingkat toleransi, dan lain sebagainya.

Tim Pengajar :

  1. Dra. Ani Widyastuti, M.Sc *)
  2. Dra. Hj. Christiani, M.Si

2. LPP-002 Dasar IImu Lingkungan

Tujuan :

Mahasiswa dapat memahami istilah yang berkaitan dengan ilmu lingkungan yang banyak digunakan dalam permasalahan lingkungan.

Silabus :

Dibahas tentang berbagai macam istilah yang berkaitan dengan ilmu-ilmu lingkungan seperti sistem, pencemaran, habitat, homeostatis, kelentingan, daya dukung dan daya tampung lingkungan serta istilah lainnya.

Tim Pengajar :

  1. Ir. Eko Dewanto, M.Si *)
  2. Ir. A.H. Syaeful Anwar, M.Si

3. LPP-003 Pengetahuan Alam

Tujuan :

Mahasiswa dapat memahami adanya proses (kimia, fisika dan biologi) yang terjadi di alam dan memanfaatkannya dalam upaya mendukung penyelenggaraan kegiatan yang berwawasan lingkungan.

Silabus :

Membahas tentang pengenalan alam semesta : konsep dasar tentang alam dan kehidupan, keadaan kehidupan, keadaan fisik dan kimia dari materi dan energi, proses yang terjadi di alam secara fisik, kimia dan biologi (hayati), berbagai fenomena alam dan pengaruhnya terhadap evolusi alam, kehidupan dan lain sebagainya.

Tim Pengajar :

  1. Prof. Dr. Hj. Triani Hardiyati, SU *)
  2. Ir. H. Darjanto, MS

4. LPP-004 Pengetahuan Sosial, Budaya dan Ekonomi

Tujuan :

Mahasiswa dapat memahami dasar bentuk dan dinamika kehidupan manusia (sosial budaya) serta memanfaatkannya dalam upaya penyelenggaraan kegiatan yang berwawasan lingkungan dan dapat pula memahami dasar ilmu ekonomi.

Silabus :

Membahas tentang bentuk kehidupan sosial, stratifikasi sosial, institusi sosial dan perubahan sosial (dalam keluarga dan masyarakat). Budaya dan kebudayaan. Pengenalan antropologi, adaptasi dan evolusi manusia. Dibahas juga pengertian lingkungan sosial dan lingkungan budaya. Konsep hukum yang berlaku dalam hubungannya dengan interaksi sosial, kelompok sosial dan budaya, kekuasaan wewenang. Juga tentang perubahan sosial. Di samping itu dibahas pula tentang harga, permintaan, penawaran dan teori dasar ekonomi lainnya.

Tim Pengajar :

  1. Dr. Ir. Anisur Rosyad, MS *)
  2. Drs. Muslihudin, M.Si

Mata Kuliah Wajib :

1. LHW-101 Ekologi Tropik (1.1)

Tujuan :

Mahasiswa dapat memahami berbagai macam ekosistem tropika khususnya di Indonesia dan karakteristiknya dalam berbagai tipe ekologi baik alami maupun buatan.

Silabus :

Dibahas tentang ekologi terestrial, aerial, akuatik, dan lain-lain. Dibahas juga ekologi populasi, ekologi komunitas, ekologi tanaman, ekologi hutan tropik, ekologi kepulauan, ekologi pantai, ekologi perikanan, ekologi perdesaan dan perkotaan, ekologi transmigrasi dan lainnya. Dilaksanakan praktikum beberapa macam kondisi ekosistem. Populasi daerah tropika dan masalah pelestarian ekosistem tropika. Perkembangan dan peranan faktor lingkungan dalam populasi tropika.

Tim Pengajar :

  1. Dr. rer.nat. W. Lestari, M.Sc *)
  2. Ahadiyat Yugi Rahayu, S.P., M.Si., D.Tech.Sc

2. LHW-102 Prinsip Ilmu Lingkungan (2.0)

Tujuan :

Mahasiswa dapat menerapkan konsep ilmu lingkungan sebagai ekologi terapan dalam kehidupan manusia dengan melihat bahwa manusia memegang peranan penting dalam pengelolaan lingkungan hidup. Juga dapat memahami filosofi pembelajaran ilmu lingkungan serta azas dasar ilmu lingkungan

Silabus :

Dibahas tentang pemahaman bahwa ilmu lingkungan merupakan ekologi terapan dalam kehidupan manusia, artinya ilmu lingkungan adalah mengajarkan tentang sistem yang memberi arahan strategi bagaimana atau cara manusia seharusnya menempatkan diri dalam lingkungan yang mendukung kesinambungan perikehidupan dan kesejahteraan manusia serta mahluk hidup lainnya. Dibahas pula tentang bumi sebagai kehidupan, prinsip ilmu lingkungan dan etika lingkungan. Kaitan ilmu lingkungan dengan mata kuliah lain serta bagaimana keutuhan suatu sistem dengan manusia berada di dalamnya. Dibahas juga berbagai pendekatan dalam memecahkan masalah lingkungan berdasarkan kerangka ilmu lingkungan dengan ekologi manusia. Masalah lingkungan global, nasional, regional dan lokal termasuk kebijakan dan strategi pengelolaannya sehingga muncul bagaimana mengelola ekosistem.

Tim Pengajar :

  1. Dr. Ir. Achmad Iqbal, M.Si *)
  2. Dr. Hj. Endang Widyastuti, MS

3. LHW-103 Ekonomi Sumberdaya Alam dan Lingkungan (2,0)

Tujuan :

Mahasiswa dapat menerapkan konsep yang menunjukkan bahwa sumberdaya alam dan lingkungan merupakan bagian yang diperhitungkan secara ekonomi dalam pengelolaan kegiatan.

Silabus :

Menjelaskan bagaimana sumberdaya dan komponen lingkungan masuk dalam perhitungan kegiatan sehingga perlu dijelaskan tentang konsep dan teori ekonomi lingkungan, efisiensi dan kompetisi, eksternalitas, biaya sosial, struktur pasar, masalah keadilan dalam distribusi pendapatan, alternatif bagi masalah eksternalitas, kualitas lingkungan sebagai public good, konflik tujuan antara produksi dan pencemaran, pemerintah sebagai penyelenggara kualitas lingkungan, kasus-kasus, pertumbuhan ekonomi untuk biaya lingkungan, insentif dan kualitas lingkungan. Dibahas pula tentang karakteristik barang publik dan barang privat.

Tim Pengajar :

  1. Prof. Dr. H. Kamio, S.E *)
  2. Dr. Ir. Sidharta Sahirman, M.Si

4. LHW-104 Kebijakan dan Hukum Lingkungan (2,0)

Tujuan :

Mahasiswa dapat mengaitkan permasalahan dan kebijakan lingkungan hidup dengan aturan yang berlaku serta menggunakannya untuk memecahkan masalah lingkungan guna mendapatkan kondisi yang dapat diterima oleh semua pihak.

Silabus :

Dibahas tentang berbagai strategi dan macam kebijakan serta faktor yang membentuknya. Dibahas pula peraturan pengelolaan lingkungan hidup pada tingkat nasional dan internasional. Dibahas pula dasar hukum penyelesaian adanya konflik masalah lingkungan antara masyarakat dengan lingkungan, antar sektor, lokal, nasional, regional, internasional. Pendekatan penyelesaian konflik dan alternatif penyelesaian berprinsip kelembagaan yurisdiksi serta kebijaksanaan pemerintah dalam penanganan konflik. Penghayatan khusus Undang-undang Nomor 23 Tahun 1997 tentang Pengelolaan Lingkungan Hidup. Dibahas pula cara penyaduran dan penulisan peraturan perundangan.

Tim Pengajar :

  1. Dr. Slamet Rosyadi, S.Sos, M.Si *)
  2. Dr. Angkasa, SH, M.Hum

5. LHW-105 Tata Ruang dan Pengembangan Wilayah (2,0)

Tujuan :

Mahasiswa dapat menerapkan prinsip dasar dan konsep tata ruang, membuat perencanaan dan pengembangan wilayah (termasuk kawasan tertentu) sesuai potensi (sumberdaya alam dan ekosistem serta sosial budaya) yang dimiliki tanpa menimbulkan konflik kepentingan.

Silabus :

Dibahas tentang konsep tata ruang dalam lingkungan hidup, kebutuhan pokok tata ruang untuk pertanian, perumahan, industri, rekreasi, kehidupan liar dan sebagainya. UU No. 26 Th. 2007 tentang Penataan Ruang, PP No. 69 Th. 1996 tentang Partisipasi Masyarakat Dalam Pelaksanaan Penataan Ruang. Dibahas pula tentang pola kehidupan masyarakat (tata guna lahan, permukiman, sanitasi, infrastruktur, tenaga kerja, dan sosial budaya) dan potensi sumberdaya (sumberdaya alam dan ekosistem serta sosial budaya) untuk perencanaan pengembangan wilayah (termasuk kawasan tertentu) dan sistemnya. Pengelolaan wilayah, pemekaran, pengaturan pertanian, evaluasi pengembangan wilayah dengan tetap memadukan potensi sumberdaya (SDA dan SDM) sesuai kebutuhan yang menjamin pembangunan berkelanjutan. Konflik dan kompromi kebutuhan, kasus-kasus dan evaluasi perencanaan wilayah.

Tim Pengajar :

  1. Dr. rer.nat. M. Husein Sastranegara, M.Si *)
  2. Dr. Agus Suroso, MS

6. LHW-201 Pengelolaan Sumberdaya Alam (2.0)

Tujuan :

Mahasiswa dapat menerapkan prinsip dasar dan konsep pengelolaan sumberdaya alam yang berbasiskan konservasi dalam memenuhi kebutuhan manusia tanpa merugikan potensi, fungsi dan peruntukan sumberdaya alam yang ada.

Silabus :

Dibahas tentang dasar-dasar pengelolaan sumberdaya alam dan lingkungan menurut asas ekologi dan pendekatan ekosistem. Dibahas pula tentang kebutuhan manusia akan sumberdaya (air, tanah dan udara). Metodologi inventarisasi sumberdaya (tanah, mineral, air, udara, energi dan hayati). Perencanaan pemanfaatan sumberdaya alam dan upaya konservasinya. Dibahas pula tentang prinsip pengelolaan dan kemampuan pengelolaan sumberdaya alam. Dibahas pula berbagai bentuk dan karakteristik serta metoda konservasi sumberdaya seperti sungai, hutan, pantai, pesisir dan lainnya sesuai potensi, fungsi dan peruntukkannya.

Tim Pengajar :

  1. Dr. Ir. Achmad Iqbal, M.Si *)
  2. Dr. Ir. Doso Sarwanto, MP

7. LHW-202 Konservasi Keragaman Hayati (Kehati) dan Ekosistem (2.0)

Tujuan :

Mahasiswa dapat menerapkan prinsip konservasi sumberdaya hayati dan ekosistemnya dalam menjaga kelestarian keragaman hayati dan lingkungan guna menjamin kelangsungan kehidupan manusia.

Silabus :

Dibahas tentang prinsip, konsep dan pengertian konservasi kehati dan ekosistem dalam pengelolaan lingkungan hidup termasuk upaya konservasi keseharian, hubungan antara konservasi kehati dengan ilmu lainnya, peraturan perundangan yang mengatur konservasi. Dibahas pula tentang keragaman spesies, ekosistem, genetik dan peranannya. Ancaman terhadap kelestarian kehati (degradasi ekosistem, over eksploitasi, exotic spesies, perubahan iklim global, kekeliruan manajemen). Konservasi ekosistem, populasi, spesies dan kawasan lindung. Dibahas juga tentang nilai dan peranan kehati, perlindungan hukum terhadap kehati.

Tim Pengajar :

  1. Prof. Drs. H. Edy Yuwono, Ph.D*)
  2. Dr.rer.nat Moh. Husein Sastranegara, M.Si

8. LHW-203 Pengelolaan Limbah dan Pengendalian Pencemaran (2.1)

Tujuan :

Mahasiswa dapat menerapkan prinsip konservasi dan pengendalian pencemaran serta pengelolaan limbah dalam penyelenggaraan kegiatan termasuk kegiatan industri sehingga tidak menimbulkan dampak merugikan pada lingkungannya.

Silabus :

Dibahas tentang konsep pengendalian pencemaran lingkungan (tanah, air, udara), karakteristik sumber pencemar dan pengaruh pencemaran pada lingkungan. Pemantauan terhadap sumber dampak kegiatan, komponen lingkungan yang terkena dan kualitas lingkungan. Dibahas pula tentang pengenalan limbah, sistem penanganan limbah, proses pengelolaan limbah, instalasi pengelolaan limbah, proses daur ulang, pengelolaan limbah padat, cair, dan gas pada kegiatan industri secara luas. Baku mutu. Dibahas pula tentang sumber, karakteristik, dasar kinetika dan dinamika limbah, metode pengukuran, bahaya yang dapat ditimbulkan, dampak limbah terhadap lingkungan dan kesehatan serta prinsip pengendaliannya pada kegiatan industri secara luas. Prinsip upaya pengurangan penggunaan kembali dan daur ulang.

Tim Pengajar :

  1. Prof. Drs. Agus Irianto, Ph.D *)
  2. Dr. Agung Dhamar Syakti, S.Pi., M.Sc.

9. LHW-204 Statistika dan Metodologi Penelitian (2.0)

Tujuan :

Mahasiswa dapat mengaplikasikan statistik dalam permasalahan lingkungan dan dapat menggunakan berbagai metodologi untuk penelitian dan penulisan dalam rangka memecahkan permasalahan lingkungan hidup.

Silabus :

Dibahas tentang prinsip-prinsip statistik dalam pengelolaan lingkungan hidup, interaksi antar variabel, menentukan tingkatan kepentingan berbagai variabel dan menyusun model secara fungsional. Dibahas pula tujuan dan dasar penelitian, observasi dan generalisasi, sampling, data, desain penelitian sederhana dan kompleks dari penelitian survey dan eksperimen. Juga dibahas teknik penulisan ilmiah tentang lingkungan.

Tim Pengajar :

  1. Prof. Dr. Ir. Mas Yedi Sumaryadi, MP *)
  2. Drs. H. Ali Rokhman, M.Si., Ph.D

10. LHW-301 Pembangunan dan Lingkungan Hidup (1.1)

Tujuan :

Mahasiswa dapat mengaplikasikan konsep pembangunan berkelanjutan dalam mengatur, merencanakan kondisi lingkungan dan meningkatkan kemampuan masyarakat sehingga dalam pemenuhan kebutuhan manusia senantiasa memperhatikan potensi sumberdaya yang ada.

Silabus :

Dibahas tentang konsep pembangunan, pembangunan berkelanjutan, tujuannya, penyusunan skala prioritas kegiatan, teknis pelaksanaan menuju pembangunan berkelanjutan, perlunya pengawasan dan evaluasi dalam pelaksanaan pembangunan berkelanjutan. Penyajian pelaksanaan konsep pembangunan berkelanjutan pada berbagai sektor seperti kehutanan, pertanian, perkebunan, perhubungan, industri, pertambangan, dan lainnya.

Tim Pengajar :

  1. Dr. Achmad Iqbal, M.Si *)
  2. Dr. Hj. Endang Widyastuti, MS

11. LHW-302 Analisis Mengenai Dampak Lingkungan Hidup (AMDAL) (2.1)

Tujuan :

Mahasiswa dapat menerapkan konsep dan metode AMDAL sebagai salah satu instrumen pengelolaan lingkungan dalam perencanaan pengelolaan lingkungan hidup.

Silabus :

Dibahas tentang fungsi dan kegunaan dokumen pengelolaan lingkungan, prosedur pelaksanaannya, metodologi dan evaluasi dampak fisik, kimia, biologi dan sosial ekonomi serta budaya, peraturan-peraturan serta baku mutu yang berlaku di Indonesia. Dilaksanakan pula praktek pembuatan dokumen dan pemaparannya serta faktor yang mempengaruhi kegiatan AMDAL.

Tim Pengajar :

  1. Dr. rer.nat. M. Husein Sastranegara, M.Si *)
  2. Prof. Dr. Imam Santoso, MS

Mata Kuliah Pilihan :

1. PLK 601 Konservasi Satwa Liar dan Langka (2.0)

Tujuan :

Mahasiswa dapat memahami makna keberadaan satwa liar di habitatnya dan menjamin kelestariannya dari ancaman kepunahan serta memanfaatkan secara optimal dengan tindakan pengelolaan yang bijaksana.

Silabus :

Dibahas tentang pertumbuhan populasi dan pergerakan satwa liar, komponen dan tipe, analisa serta evaluasi habitat satwa liar, konsep pengelolaan satwa liar dan habitat, domestikasi. Dibahas pula kondisi spesies dalam keadaan bahaya dan terancam kepunahan serta satwa liar yang dilindungi dan nilainya.

Tim Pengajar :

  1. Dr. Achmad Iqbal, M.Si *)
  2. Prof. Dr. Ir. H. Hadi S. Alikodra, MS (IPB)

2. PLK 602 Pengelolaan Wilayah Pantai dan Pesisir (2.0)

Tujuan :

Mahasiswa dapat menerapkan prinsip dasar dan konsep pengelolaan wilayah pesisir yang berbasiskan konservasi dalam memenuhi kebutuhan manusia tanpa merugikan potensi, fungsi dan peruntukannya.

Silabus :

Dibahas tentang upaya terpadu dalam pengelolaan faktor (sumberdaya alam dan dinamika masyarakat) yang terdapat pada wilayah pantai dan pesisir mulai dari penataan, pemanfaatan, pengembangan, pemeliharaan, pemulihan, pengawasan dan pengendalian untuk menghasilkan kondisi wilayah pantai dan pesisir yang mendukung pemenuhan kebutuhan manusia dalam jangka pendek dan panjang. Dibahas pula tentang pengertian pengelolaan wilayah pesisir dan peran sektor kelautan dalam pembangunan, unsur-unsur sektor kelautan serta peluang, tantangan dan kendala pengembangan sektor kelautan. Karakteristik sumberdaya lahan pantai dan pesisir, klasifikasi peruntukkan lahan pantai dan pesisir serta struktur dan dinamika ekosistem pantai dan pesisir. Pengelolaan wilayah pantai, pesisir dan lautan secara terpadu. Dibahas pula model evaluasi pengelolaan wilayah pantai dan pesisir serta pedoman pengelolaan ekosistem wilayah.

Tim Pengajar :

  1. Dr. rer.nat. M. Husein Sastranegara, M.Si *)
  2. Romanus Edy Peabowo, S.Si, M.Sc, Ph.D

3. PLK 603 Pengelolaan Wilayah Daerah Aliran Sungai (2.0)

Tujuan :

Mahasiswa dapat menerapkan prinsip dasar dan konsep pengelolaan wilayah daerah aliran sungai yang berbasiskan konservasi dalam memenuhi kebutuhan manusia tanpa merugikan potensi, fungsi dan peruntukannya.

Silabus :

Dibahas tentang upaya terpadu dalam pengelolaan faktor (sumberdaya alam dan dinamika masyarakat) yang terdapat pada wilayah daerah aliran sungai (DAS) mulai dari penataan, pemanfaatan, pengembangan, pemeliharaan, pemulihan, pengawasan dan pengendalian untuk menghasilkan kondisi wilayah daerah aliran sungai yang mendukung pemenuhan kebutuhan manusia dalam jangka pendek dan panjang. Dibahas pula tentang pengertian daerah aliran sungai dan fungsi serta upaya konservasinya. Metoda pengelolaan wilayah DAS mulai dari hulu sampai ke hilir. Diberikan pula contoh dan kasus DAS.

Tim Pengajar :

  1. Dr. Ir. Ismangil, M.P *)
  2. Dr. rer.nat. W. Lestari, M.Sc

4. PLK 604 Toksikologi Lingkungan (2.0)

Tujuan :

Mahasiswa dapat menerapkan prinsip pengendalian efek negatif terhadap organisme yang mungkin timbul dari kegiatan dalam aktivitas yang diselenggarakan.

Silabus :

Dibahas tentang arti dan ruang lingkup toksikologi lingkungan dan pencemaran. Parameter kimia pada ekosistem aerial, terestrial dan aquatik yang menyebabkan pencemaran seperti hidrokarbon, logam berat, SOx, NOx, CH4, pestisida dan herbisida. Efek toxid dari berbagai bahan kimia dan logam berat akibat pencemaran lingkungan dan pengaruhnya terhadap organisme hidup, cara pengukuran dan penanggulangannya.

Tim Pengajar :

  1. Prof. Dr. R.T.M. Sutamihardja, M.S (IPB)
  2. Dr. Hj. Endang Widyastuti, MS *)

5. PLS 601 Kesehatan Lingkungan dan Masyarakat (2.0)

Tujuan :

Mahasiswa dapat menerapkan prinsip kesehatan lingkungan kaitannya dengan kesehatan masyarakat dalam pengelolaan lingkungan.

Silabus :

Dibahas mengenai prinsip-prinsip dasar kesehatan lingkungan dan kesehatan masyarakat termasuk di dalamnya sanitasi lingkungan, penyehatan perumahan dan permukiman, gizi masyarakat, vektor penyakit, pemberantasan dan pencegahan penyakit, pengelolaan limbah dan pencemaran, serta manajemen kesehatan dan hygiene lingkungan kerja. Dibahas pula epidemiologi lingkungan (deskriptif, analitik dan penelitian epidemiologi lingkungan), kebijakan pembangunan berwawasan kesehatan, manajemen kesehatan terintegrasi berdasarkan teori simpul, manajemen penyakit bebasis wilayah, analisa resiko kesehatan serta analisa dampak kesehatan lingkungan dan analisa resiko kesehatan lingkungan.

Tim Pengajar :

  1. Prof. dr. H. Umar Fahmi Achmadi, MPH, Ph.D (UI)
  2. Dr. drg. A. Haris Budi Widodo, M. Kes., A.P *)

6. PLM 601 Kebijakan Pengelolaan Sumberdaya Alam dan Lingkungan (2.0)

Tujuan :

Mahasiswa dapat menerapkan analisis pengambilan keputusan berkaitan dengan potensi sumberdaya alam dan lingkungan untuk mendukung kegiatan dan dinamika kehidupan manusia berdasar berbagai peraturan dan instrumen yang berlaku.

Silabus :

Dibahas tentang Undang-undang No. 23 Tahun 1997 tentang Pengelolaan Lingkungan Hidup sebagai landasan operasional. Perkembangan sumberdaya alam dan lingkungan termasuk penyelesaian sengketa lingkungan dan penegakan hukum. Pentingnya pengelolaan sumberdaya alam dan lingkungan hidup serta jenis-jenis SDA dan manfaatnya. Kebijakan pengelolaan SDA dan lingkungan di Indonesia termasuk patokan pemanfaatan SDA yang berkelanjutan, persyaratan penataan lingkungan dan permasalahannya. Penyebab kerusakan SDA dan lingkungan serta pelestarian fungsi lingkungan hidup. Selanjutnya dibahas tentang Total Quality Management (TQM) & pengantar ekolabel & ISO (9000 & 14000).

Tim Pengajar :

  1. Dr. Slamet Rosyadi, S.Sos., M.Si *)
  2. Dr. Ir. Wilujeng Trisasiwi, MP

7. PLM 602 Kelembagaan Pengelolaan Lingkungan (2.0)

Tujuan :

Mahasiswa dapat menerapkan konsep, teori dan metode proses administrasi dan menejemen pada setiap tingkat pemanfaatan dan hubungan antar lembaga atau organisasi yang berkaitan dengan pengelolaan lingkungan hidup untuk mendukung pembangunan berkelanjutan.

Silabus :

Dibahas tentang konsep, teori dan metode proses administrasi dan menejemen pada setiap tingkat pemanfaatan dan hubungan antar lembaga atau organisasi. Membahas tentang dasar manajemen, manajemen kawasan, manajemen konflik dan lembaga yang berkaitan dengan manajemen. Dibahas pula kelembagaan, cara pendayagunaan dan organisasinya, pembentukan lembaga, daya dukung dan evaluasinya serta kasus-kasus kelembagaan. Disampaikan pula peraturan perundangan yang terkait dengan kelembagaan pengelolaan lingkungan hidup, struktur dan fungsi penataan lingkungan. Deklarasi Stockholm dan perkembangan global disertai contoh pengelolaan lingk hidup di negara lain. Kelembagaan dan struktur organisasi pengelolaan lingkungan hidup mulai dari tingkat pusat sampai daerah. Ketentuan mengenai tugas, fungsi, wewenang dan susunan organisasi serta tata kerja kelembagaan pengelolaan lingkungan hidup pada tingkat nasional.

Tim pengajar :

  1. Drs. H. Ali Rokhman, M.Si., Ph.D *)
  2. Prof. Dr. Imam Santosa, M.Si

8. PLM 603 Ekologi Manusia, Kependudukan dan Lingkungan Hidup (2.0)

Tujuan :

Mahasiswa dapat menerapkan persepsi, kognisi, estetika, sikap, perilaku dan sistem adaptasi manusia dalam penyelenggaraan kegiatan yang berwawasan lingkungan (dalam menghadapi lingkungannya) dan dapat menerangkan dalam analisisnya bahwa kependudukan dan produktivitas kerja serta faktor yang mempengaruhinya sangat menentukan keberlanjutan kegiatan dan kualitas lingkungan hidup.

Silabus :

Dibahas tentang pengertian dan sejarah ekologi manusia, penampilan dan variabilitas manusia, evolusi hubungan manusia dengan lingkungan, adaptasi manusia (sosial budaya). Ekologi budaya, pola hidup masyarakat kota dan desa. Dibahas tentang pengertian kependudukan, penaksiran populasi. Pola angka fertilitas, kematian. Dinamika migrasi, penyebaran dan permukiman. Ketenagakerjaan dan keluarga berencana. Pengaruh dinamika kependudukan secara global terhadap kualitas lingkungan. Pengenalan, evaluasi dan pengendalian lingkungan kerja, bahaya potensial terhadap pekerja dan akibatnya terhadap produktivitas kerja. Ekoteknologi yakni teknologi berwawasan lingkungan mengenai permukiman, pertumbuhan kota, lingkungan industri, distribusi pendapatan dan kemiskinan, teknik pengendalian pencemaran. Sumberdaya manusia dari sisi mikro dan makro dalam konteks pembangunan.

Tim pengajar :

  1. Dr. Rawuh Edy Priyono, M.S. *)
  2. Prof. Dr. Imam Santosa, M.Si

9. PLM 604 Dinamika Sosial dan Kearifan Lokal (2.0)

Tujuan :

Mahasiswa dapat mengembangkan berbagai teori dinamika sosial dan potensi kearifan lokal guna mendapatkan peningkatan kualitas kegiatan yang dapat mendukung kehidupan manusia.

Silabus :

Dibahas tentang pentingnya manajemen sumberdaya manusia, perencanaan sumberdaya manusia, analisis dan rancang bangun kegiatan. Berbagai konsep pembangunan, berbagai tingkat organisasi, sistem penilaian dan insentif serta audit sumberdaya manusia. Dibahas pula potensi kearifan lokal yang mendukung kegiatan pembangunan dan peluang pengembangannya. Faktor positif dan negatif adanya kearifan lokal terkait dengan pemanfaatan sumberdaya alam.

Pengajar :

  1. Prof. Dr. Imam Santosa, MS *)
  2. Dr. Slamet Rosyadi, S.Sos., M.Si

10. PLK 701 Pengelolaan Sumberdaya Hutan Tropik (2.0)

Tujuan :

Mahasiswa dapat menerapkan prinsip dasar dan konsep pengelolaan sumberdaya hutan tropik yang berbasiskan konservasi dalam memenuhi kebutuhan manusia tanpa merugikan potensi, fungsi dan peruntukannya.

Silabus :

Dibahas tentang upaya terpadu dalam pengelolaan faktor (sumberdaya alam dan dinamika masyarakat) yang terdapat pada sumberdaya hutan tropik mulai dari penataan, pemanfaatan, pengembangan, pemeliharaan, pemulihan, pengawasan dan pengendalian untuk menghasilkan kondisi sumberdaya hutan tropik yang mendukung pemenuhan kebutuhan manusia dalam jangka pendek dan panjang. Dibahas tentang Undang-undang No. 41 Tahun 1999 tentang Kehutanan sebagai landasan operasional. Pentingnya hutan dan jenis-jenis hutan, fungsi (ekologis, ekonomis, fisik, sumberdaya hayati) serta manfaat hutan, kontrubusi hutan dalam mendukung kehidupan manusia. Dampak negatif kerusakan hutan terhadap manusia termasuk penyebab kerusakannya. Strategi pengelolaan hutan dengan baik termasuk Pengelolaan Hutan Bersama Masyarakat (PHBM) dan potensi peran masyarakat sekitar hutan dalam meminimalkan kerusakan hutan. Dibahas pula tingkat kerusakan hutan yang terjadi di Indonesia dan pengaruhnya terhadap Global Warming.

Tim Pengajar :

  1. Dr.rer.nat. Imam Widhiono M.Z., MS *)
  2. Dr. Pudji Widodo, M.Sc

11. PLK 702 Konservasi Kualitas Lingkungan (2.0)

Tujuan :

Mahasiswa dapat menerapkan prinsip konservasi air, tanah dan udara untuk mempertahankan kualitas lingkungan prima guna mendukung keberlanjutan keberadaan kehidupan manusia dan makhluk hidup lainnya

Silabus :

Dibahas tentang pengertian, prinsip dan tujuan konservasi. Metode konservasi air, tanah dan udara. Kebutuhan manusia akan sumberdaya (air, tanah dan udara). Sumber dan dampak pencemaran lingkungan serta strategi pengendaliannya. Baku mutu lingkungan dan patokan pengendalian pencemaran lingkungan. Strategi konservasi kualitas lingkungan yang terkait dengan Reuse, Reduce, Recycling, Recovery. Dibahas pula konservasi kualitas lingkungan secara menyeluruh termasuk rehabilitasi lahan dan konservasi tanah, konservasi air dan udara serta metode konservasi tanah dan air, erosi dan penyebabnya serta akibat yang ditimbulkan seperti banjir, kekeringan dan kemiskinan. Disinggung pula tentang mekanisme dan bentuk erosi serta prediksi erosi lahan dan teknis pengendaliannya

Tim Pengajar :

  1. Dr. rer.nat. M. Husein Sastranegara, M.Si *)
  2. Dr. Ir. Ismangil, M.S.

12. PLK 703 Pertanian Berkelanjutan (2.0)

Tujuan :

Mahasiswa dapat menerapkan konsep pertanian (pertanian tanaman pangan, perkebunan, kehutanan, peternakan, perikanan) berkelanjutan dan aman bagi segenap komponen lingkungan secara terpadu dalam upaya mendapatkan kondisi kegiatan yang tidak merugikan semua pihak yang berkaitan dengan bidang pertanian.

Silabus :

Dibahas tentang pengertian pertanian berkelanjutan pada berbagai sub sektor pertanian. Dibahas pula konsep keterpaduan antar sub sektor pertanian, cara pengendalian terpadu pada berbagai sub sektor pertanian (pertanian tanaman pangan, perkebunan, kehutanan, peternakan, perikanan) dari aspek fisik dan biologi dan ekonomi. Faktor yang harus diperhatikan, sarana, pendukung, perencanaan dan evaluasi pengendalian.

Tim pengajar :

  1. Prof. Dr. H. Sudjarwo *)
  2. Prof. Ir. H. Totok Agung Dwi Haryanto, M.P., Ph.D

13. PLS 701 Instrumen Pengelolaan Lingkungan Hidup (2.0)

Tujuan :

Mahasiswa dapat mengetahui dan membuat beberapa dokumen intrumen pengelolaan lingkungan hidup yang mendukung keberlanjutan kegiatan tanpa menimbulkan kerugian pada pihak lain dan konflik kepentingan.

Silabus :

Dibahas tentang tujuan dan kebijakan pengelolaan lingkungan hidup, fungsi, manfaat dan macam dokumen kegiatan sebagai instrumen pengelolaan lingkungan hidup dari tingkat daerah, regional, nasional dan internasional. Metoda dan strategi pembuatan dokumen Upaya Pengelolaan Lingkungan (UKL) dan Upaya Pemantauan Lingkungan (UPL), Audit Lingkungan, Ekolabel, ISO (9000 dan 14000). Dibahas pula faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan pembuatan dan aplikasi dokumen. Dilaksanakan pula pembuatan salah satu instrumen dan pemaparannya.

Tim Pengajar :

  1. Dr. Ir. Achmad Iqbal, M.Si *)
  2. Dr. Dwi Nugroho Wibowo, MS

14. PLS 702 Analisis Sistem (2.0)

Tujuan :

Mahasiswa dapat menerapkan pendekatan sistem dalam proses perencanaan dan pengambilan keputusan dalam pengelolaan lingkungan hidup melalui berbagai model dan langkah analisis.

Silabus :

Dibahas tentang pendekatan sistem dalam proses perencanaan dan pengambilan keputusan pada pembangunan sumberdaya alam dan lingkungan. Pendekatan dan teknik analisis sistem serta permodelan dalam pembangunan. Diberikan pula langkah analisis, pengelolaan dan pengolahan serta sistem informasi lingkungan.

Tim Pengajar :

  1. Dr. Endang Hilmi, S.Hut., M.Si *)
  2. Dr. Hj. Endang Widyastuti, M.Si

15. PLM 701 Perencanaan dan Pengambilan Keputusan (2.0)

Tujuan :

Mahasiswa mampu memahami prinsip perencanaan dan alternatif pencapaian tujuan serta model-model pengambilan keputusan. Memahami model pengambilan keputusan secara kualitatif dan kuantitatif. Mampu menyusun rencana kegiatan, menetapkan keputusan dan menentukan prioritas pencapaian tujuan

Silabus :

Dibahas tentang pengertian pokok-pokok konsep dasar perencanaan, pencapaian tujuan dan manfaat perencanaan. Manfaat dan dampak keputusan. Hierarki dan prioritas dalam perencanaan. Model pengambilan keputusan baik secara kualitatif maupun kuantitatif.

Dibahas tentang kegiatan managemen yang meliputi planning, organizing, actuating, controlling dan leading. Pendekatan dalam perencanaan dan perkembangan pendekatan PIP (performance improvement planning) dalam menyusun perencanaan. Langkah perencanaan dengan pendekatan PIP. Faktor yang mempengaruhi pengambilan keputusan dan langkah dalam pengambilan keputusan. Perencanaan, strategi dan strategi dalam pemecahan masalah dan pengambilan keputusan. Dibahas pula tahapan perencanaan strategis dan analisis SWOT.

Tim Pengajar :

  1. Dr. Paulus Israwan Setyoko, M.S. *)
  2. Dr. Masrukin, M.S.

16. PLM 702 Pemberdayaan Masyarakat (2.0)

Tujuan :

Mahasiswa dapat menerapkan konsep teknis manipulasi kondisi masyarakat dan keterlibatannya dalam pengelolaan lingkungan hidup sesuai potensi yang dimilikinya termasuk produktivitas kerja dan faktor yang mempengaruhinya serta menerapkan dalam penyelenggaraan kegiatan berkelanjutan.

Silabus :

Dibahas tentang pandangan, bentuk dan ruang lingkup partisipasi masyarakat dalam kegiatan. Keuntungan dan kerugian partisipasi masyarakat, analisis para pihak yang terlibat, metode, mekanisme dan strategi partisipasi. Partisipasi masyarakat merupakan proses keterlibatan masyarakat dalam pengambilan keputusan mulai rencana, program, kebijakan dan pelaksanaan kegiatan pembangunan berwawasan lingkungan. Dibahas pula tentang potensi sosial budaya, kesehatan masyarakat, perilaku masyarakat (desa dan kota), konsep dasar pemberdayaan masyarakat, tujuan pembangunan lingkungan hidup, faktor potensi konflik, manipulasi sosial dan faktor yang mempengaruhinya serta dinamika pembangunan.

Tim Pengajar :

  1. Ir. H. Purnama Sukardi, Ph.D *)
  2. Dr. Ir. Saparso, MP

17. PLM 703 Sosiologi, Komunikasi dan Interpretasi Lingkungan (2.0)

Tujuan :

Mahasiswa dapat menerapkan aspek sosial dalam pengelolaan lingkungan dan proses komunikasi dalam penyelenggaraan kegiatan berkelanjutan tanpa menimbulkan gejolak pada masyarakat.

Silabus :

Dibahas tentang sejarah sosiologi lingkungan, persepsi, kognisi dan estetika, sikap dan perilaku serta adaptasi manusia dalam menghadapi lingkungannya. Dijelaskan pula tentang pengertian komunikasi, teori dan konsep komunikasi. Prinsip dasar komunikasi, cara dan proses berkomunikasi, sifat komunikasi. Struktur masyarakat dan lembaga komunikasi (tradisional dan modern), difusi, inovasi dan komunikasi massa. Dibahas juga tentang peranan informasi dalam pembangunan berkelanjutan dan hubungan antara komunikasi dengan lingkungan hidup. Menterjemahkan kondisi lapangan dalam perspektif kajian lingkungan guna mendukung kehidupan manusia

Tim Pengajar :

  1. Dr. Slamet Rosyadi, S.Sos, M.Si *)
  2. Dr. Eming Sudiana, M.Si