Sekretariat : Jl. Dr. Suparno, Grendeng, Purwokerto 53122 *** Telp & Faks (0281) 641622 *** E-Mail : pmsil@unsoed.ac.id / pmsil_unsoed@yahoo.com

Home » ProfilProfileProfile » Latar BelakangBackgroundHintergrund

Latar BelakangBackgroundHintergrund

Sejalan dengan tujuan pendidikan tinggi nasional diperlukan pengembangan lembaga pendidikan dan keilmuan agar dapat lebih berperan dalam pembangunan. Potensi sumberdaya manusia yang dimiliki, peralatan laboratorium, stasiun percobaan, kepustakaan dan fasilitas penunjang lainnya serta interaksinya dengan masyarakat yang telah memadai merupakan potensi yang dapat digunakan untuk lebih mendayagunakan sebuah lembaga pendidikan tinggi. Salah satu upaya pendayagunaan tersebut adalah dengan berusaha menyelenggarakan program studi yang relevan dengan kebutuhan pembangunan. Salah satu program studi tersebut adalah Program Magister (Pascasarjana) yaitu Program Studi Magister Ilmu Lingkungan yang sesuai dengan Pola Ilmiah Pokok (PIP) UNSOED, mengambil kajian atau konsentrasi Manajemen Lingkungan, Perencanaan Lingkungan, dan Pemberdayaan Masyarakat. Dalam perkembangannya, sesuai kebutuhan masyarakat, pengembangan ilmu dan kekuatan internal, maka kajian atau konsentrasi tersebut berkembang dinamis sehingga beberapa kali mengalami pergantian antara lain pernah menyelenggarakan konsentrasi Manajemen Lingkungan, Manajemen Kesehatan Lingkungan dan Pemberdayaan Masyarakat pada Kurikulum 2004 dan pada kurikulum 2008 menyelenggarakan konsentrasi Kebijakan dan Manajemen Lingkungan serta Konsenvasi Sumberdaya Alam dan Lingkungan.

Program Studi Magister Ilmu Lingkungan melaksanakan dharma pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat di bidang lingkungan hidup serta menghasilkan lulusan dengan gelar Magister Sains (M.Si) Ilmu Lingkungan yang memiliki ciri-ciri antara lain, mempunyai :

  1. Pemahaman dan mampu berperan secara aktif da1am pengembangan bidang ilmu.
  2. Kemampuan untuk meningkatkan peranan dan pelayanan profesi dengan penalaran dan pengkajian lingkungan.
  3. Kemampuan untuk merumuskan pendekatan dan strategi dalam pengelolaan lingkungan atas dasar penalaran ilmiah.
  4. Kemampuan untuk mengembangkan kinerja profesionalisme da1am skala yang lebih luas atas dasar bidang keahlian dan upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Program Studi Magister Ilmu Lingkungan (PSMIL) dapat memberikan peningkatan profesionalisme dan kualitas sumberdaya manusia  yang berasal dari perguruan tinggi, pemerintah, dan swasta. Bagi mahasiswa yang berasal dari dosen perguruan tinggi maka diharapkan akan dapat ditingkatkan kualitas pengajaran terutama dalam rangka peningkatan profesionalisme sesuai kebutuhan bidang studi. Bagi mahasiswa yang berasal dari unsur pemerintahan maka diharapkan dapat meningkatkan pemahaman dalam upaya pengambilan keputusan yang berkaitan dengan pelayanan untuk menciptakan kesejahteraan masyarakat pada era otonomi daerah. Bagi pihak swasta akan mampu meningkatkan kinerja dan produktivitas untuk mendapatkan kegiatan yang dapat lebih diterima oleh semua pihak baik karyawan, konsumen maupun kelestarian bahan serta masyarakat sekitar usaha.